Yahoo Messager
Status YM

Tuesday 17 April 2012

Bat Mobile: Mobil Listrik Van Bandung

sumber gambar detik.oto

Bandung- Ketika banyak orang ramai membicarakan mobil listrik, diam-diam bengkel Singal Kostum Built membuat mobil listrik kreasi mereka. Tampilannya pun tidak cemen, malah terlihat gagah mirip Bat Mobile atau mobil Batman yang digunakan saat melawan Joker di film Darknight.

Mobil ini merupakan rombakan total dari Nissan Ceviro jadul dan dipamerkan di Bandung Car Modification Contest pada pekan lalu. "Mobil ini dari klub Connection yang mempercayakan kepada kami untuk diubah total secara ekstrem," ujar Roni dari Signal Kostum Built saat ditemui pekan lalu.

Dia menjelaskan, mobil bernama SV-1 ini dibangun dari mobil Nissa Ceviro tahun 1992. "Tapi secara keseluruhan kami rombak total. Cuma kerangka depan dan belakang yang kami gunakan, " kata Roni.

Roni menjelaskan, untuk membangun mobil ini, Frenkline, si pemilik mobil, rela merogoh koceknya hingga Rp 600-700 juta. Mobil SV-1 ini juga, katanya, dibuat hanya dalam waktu kurang dari setahun. "Waktu pengerjaannya sekitar 6 bulan. Kita kerja siang malam," kata Roni tertawa. Dia mengatakan, "Mobil tersebut menggunakan plat dan fiber untuk bagian body."

Untuk mesin, Roni mengaku pihaknya melakukan kerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. "Kami mengembangkan mesin bertenaga listrik, jadi SV-1 ini tidak menggunakan BBM," jelasnya. Mobil ini dapat digunakan selama 4 jam dengan waktu isi ulang 2 jam. "Tapi bisa pakai tenaga surya juga. SV-1 dapat melaju hingga 200 km per jam."

LIPI, kata Roni, menunjukkan respon positif saat pertama mendengar konsep mobil ini. "Mereka sangat bersemangat untuk mengkonsep mobil ini," kata Roni.

Dia mengaku, mobil SV-1 adalah mobil listrik kedua yang dibuat Signal Kustom Built. Sebelumnya, kata Roni, mereka telah membuat mobil berbasis listrik yang banyak memenangkan kontes mobil di Indonesia.

ini gambarnya bersumber dari detik.oto






NANDA SUGIONO
sumber Tempo

0 komentar: